Menguak Upacara larunggan di Pesisir Pantai Trenggalek -->

Iklan Semua Halaman


 

Menguak Upacara larunggan di Pesisir Pantai Trenggalek

Sunday





Trenggalek, Maknajatim.com
Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tepatnya di sebelah selatan. Di bagian utara, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Di timur berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pacitan.

Kabupaten ini terdiri dari 14 kecamatan, 5 kelurahan, dan 152 desa. Kabupaten ini memiliki potensi pertanian, perkebunan, serta industri yang cukup baik. Bidang pertanian antara lain menghasilkan komoditas seperti kedelai, jagung, padi, kacang, dan singkong. Tembakau, durian, salak, duku, manggis, rambutan, tebu, dan cengkih merupakan hasil perkebunan di Kabupaten Trenggalek. Sementara industri yang beroperasi di kabupaten ini antara lain ada industri batik, bahan bangunan, makanan ringan, pengeringan ikan, pembuatan sirup, tapioka, kecap, tahu, dan lain sebagainya.


Sebagai bagian pesisir laut selatan, Trenggalek memiliki pesona laut yang indah. Beberapa pantai yang terkenal antara lain Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Blado, Pantai Ngampiran, dan Pantai Pelang. Di Pantai Prigi, setahun sekali diadakan upacara pesisir Larung Sembonyo. Selain Larung Sembonyo, ada juga upacara Dam Bagong yang diadakan di Kali Bagong.